Cara Hard reset OPPO A3 / A3s via recovery mode

Hard Reset Oppo a3 dan a3s
OPPO A3S menjadi salah satu produk yang diunggulkan OPPO yang diluncurkan sekitar Juni/Juli 2018. Smartphone tersebut memiliki dengan desain yang cukup mewah dikelasnya, tampilan layar berponi dengan ukuran 6,2 Inchi. Yang di bandrol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu kisaran di 2JT-an saja, selain tampilanya yang mewah smartphone ini juga memiliki spesifikasi yang cukup gahar dimana smartphone tersebut dibekali dengan Processor Qualcomm Snapdragon 450 Octa Core, untuk RAM pada smartphone ini ada dua varian yitu 2/16 GB dan 3/32 GB.

Dengan memiliki spek seperti diatas bayangkan hal apa saja yang dapat Anda lakukan dengan smartphone tersebut, dan tentunya setiap tindakan yang anda lakukan dalam menggunakan fitur yang terdapat pada gadget pastinya memiliki resiko meskipun hanya sebuah hal sepele saja, sebagai contoh saya kembali kedatangan seorang teman yang meminta untuk mengecek kondisi ponsel miliknya yaitu OPPO A3s dengan keadaan ponsel yang selalu ngelag dan sering terjadi eror, hal tersebut dikarenakan ponselnya memiliki banyak penggunaan cache atau file sampah yang telah dibuat aplikasi sehingga membuat performa ponsel menjadi menurun ditambah lagi dengan storage yang dipenuhu foto , video dan musik.

Kemudian saya menyarankan kepada teman saya untuk menghapus file yang tidak diperlukan agar ponselnya kembali pulih, namun teman saya meminta untuk diflash ulang saja agar semuanya jadi bersih lagi tapi hal itu tidak saya lakukan karena terlalu makan waktu, kemudian saya melakukan cara pertama yaitu dengan mereset ponsel tersebut lewat pengaturan seperti berikut.

Factory Reset Via Pengaturan
  • Pertama masuk ke pengaturan telepon
    Pengaturan > Pengaturan Tambahan > Buat Cadangan dan Reset > Kembalikan Ke Setelan Pabrik > lalu tentukan pilihan anda.
    Hard Reset OPPO A3 dan A3s
  • Kemudian tunggu proses hingga benar-benar selesai dan pastikan baterai yang dimiliki cukup, minimal 70% baterai masih ada saat melakukan factory Reset.
Catatan : Jika tampilan tidak sesuai mungkin versi android yang anda gunakan berbeda dengan yang saya gunakan saat ini, jadi anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan tampilan yang anda lihat di layar ponsel anda.

Nah tapi jika Opsi di atas dirasa kurang efektif Anda juga bisa melakukan penghapusan total dengan cara hard reset via recovery opsi ini juga sering saya lakukan jika opsi pertama tidak berhasil, anda dapat masuk ke mode recovery dengan menggunakan kombinasi tombol seperti berikut.

Hard Reset via Recovery
  • Pertama matikan dulu OPPO A3/A3S yang akan kita perbaiki hingga benar benar off.
  • Selanjutnya untuk bisa mengakses menu recovery OPPO A3/A3s tersebut, anda bisa menggunakan kombinasi tombol power dan tombol volume bawah yang ditekan secara bersamaan (ingat harus tepat/bersamaan)
    Hard Reset OPPO A3 dan A3s
  • Tekan kedua tombol tersebut hingga beberapa saat sampai muncul logo OPPO begitu logo OPPO muncul langsung lepaskan kedua tombol maka tampilan recovery nya muncul.

  • Kemudian pilih Bahasa, lalu untuk mulai menghapus semua data anda bisa klik opsi bertuliskan "Wipe Data" kemudian pilih lagi "Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos)".
    Hard Reset OPPO A3 dan A3s
    Setelah itu tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai lamanya tergantung banyaknya file yang dihapus, Umumnya 5/10 menit hingga selesai.

  • Jika sudah selesai anda tinggal klik saja "REBOOT" maka ponsel akan memulai ulang sistem, kemudian tunggu sampai ponsel masuk ke menu awal. dan selesai.
Dengan cara tersebut ponsel yang lemot, ngelag dan kerusakan sistem ringan lainnya dapat diatasi tanpa harus dibawa ke tempat servis, Tapi jika kedua Opsi di atas tidak membuahkan hasil mau tidak mau harus menggunakan cara install ulang atau di flashing, cara tersebut membutuhkan komputer kabel data dan tentunya sebuah firmware baru untuk mengganti file sistem yang rusak. lainkali akan saya buatkan tutorial cara flashing OPPO A3/A3s.

Dan untuk artikel kali ini saya tutup sampai disini dulu semoga postingan ini bermanfaat bagi anda Terimakasih telah berkunjung dan sampai berjumpa kembali.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Upgrade Asus Zenfone 5 t00f kitkat to lollipop via flashtool tested

Cara Flashing Lenovo A7700 Firmware Tested

MTK USB DRIVER